Kamis, 20 Desember 2018

Tips membedakan keris lama dan baru

Tips membedakan keris lama dan baru

Sedikit berbagi, mengulang tulisan lalu untuk menghindari jika ada yang menipu keris baru dikatakan tua. Beberapakali temen saya curhat sakitnya tertipu/keblondrok. 

Sedikit tips untuk membedakan keris lama atau baru , mungkin agak sulit tetapi jika diperhatikan akan tampak bedanya.

Kata kuncinya adalah
"Alat"

Keris keris lama menggunakan alat alat tradisional ,diantaranya adalah sejenis tatah dan palu, banyak daerah pada bilah keris yang terjamah alat ini, salah satunya adalah blumbangan, pada masa lalu blumbangan dibuat dengan dipukul menggunakan palu khusus sampai membentuk cekungan, kemudian baru dirapikan dengan tatah, hasil pukulan biasanya mengakibatkan serat besi cenderung melesak kedalam ,hasil dari tekanan dan gesekan tatah mengakibatkan pamor terseret kearah tatah(di berbagai vidio teknik menatah ricikan sdh bisa dilihat, terutama mpu sungkowo yg masih tradisional atau juga di beberapa buku) biasanya serat besi ada yang tidak terpotong dan dinding blumbangan pada arah gandik cenderung miring, kadang pukulan yang terlalu keras juga mengakibatkan retakan kecil pada blumbangan(gambar A yang bawah), yang makin lama bisa semakin terlihat . hal ini bisa dilihat dengan bereksperimen menggunakan plastisin yang dilapis lapis kemudian ditekan sampai "legok" maka akan terlihat arah tarikannya. Hasilnya jika diperhatikan secara teliti sangat khas, bisa dilihat pada gambar A .

Blumbangan pada keris baru biasanya dibuat dengan alat sejenis tunner, mirip dengan gerinda/bor kecil, biasanya hasilnya seratnya terpotong tidak melesak seperti jika mengunakan alat tradisiobal, dinding blumbangan pada arah gandhik pun cenderung lurus seperti tembok. Hasil dari alat modern membentuk blumbangan yang "khas" dan mudah dikenali, Seperti terlihat pada gambar B, jejak alat sperti ini pasti terlihat di sekujur bilah keris, paling mudah dilihat adalah pada blumbangan, sogokan dan wuwungan ganja.

Jejak alat seprti ini biasanya tidak hilang walau dikamal , kecuali dikamal sampai habis, keris dengan kamalan tipis biasanya ditangguhkan HB dan PB, kamalan tebal biasanya ditangguhkan kabudhan.

Lalu apakah keris sekarang tidak menggunakan alat tradisional dalam pembuatan blumbangan? Tentu tidak semua, ada beberapa yang menggunakan alat tradisional seperti Mpu Sungkowo dan beberapa lagi, namun kebanyakan tentu menggunakan alat modern.

Alat dan garap pada blumbangan hanya salah satu dari sekian indikator. Indikator lain kapan kapan saya tulisnya kalau ndak males ðŸ˜…
Semoga bermanfaat.

Keterangan contoh
A . adalah keris sewidakan milik kraton yogya, dan satunya adalah keris pakualaman.
B. Adalah keris milik teman, dua duanya pesan kepada mpu puryadi wonosari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar